Generasi Pertama, Kantonian Legendary Birds Dalam Game Legendary Pokémon

Karena kekuatannya, Legendary Pokemon sering menjadi target Kelompok Penjahat yang berusaha mengendalikan atau mengubah dunia baik dalam anime maupun gamenya; dalam yang terakhir, menggagalkan upaya tersebut telah diintegrasikan ke dalam setiap plot permainan sejak Generasi III.
Generasi Pertama
Legendary Pokémon generasi pertama (Densetsu no Pokemon no Dai Ichi-sedai) adalah Pokémon legendaris pertama yang diperkenalkan dalam seri Pokémon. Pokémon ini pertama kali muncul di wilayah Kanto dan sering dikaitkan dengan wilayah tersebut.
Kanto memperkenalkan empat Pokemon Legendaris: Articuno, Zapdos, Moltres, dan Mewtwo.
Kantonian Legendary Birds
Kantonian Legendary Birds (Densetsu no Tori) adalah trio Pokémon Legendaris yang menyerupai burung, terdiri dari Articuno tipe Es/Terbang (Furiizaa), Zapdos tipe Listrik/Terbang (Sandaa), dan Moltres tipe Api/Terbang (Faiyaa).
Kantonian Legendary Birds pertama kali muncul di game Pokémon Red, Green, dan, di luar Jepang, Blue Versions. Articuno tersembunyi di dalam Kepulauan Seafoam. Zapdos dapat ditemukan di Pembangkit Listrik Kanto, sedangkan Moltres dapat ditangkap di Victory Road. Pokémon Yellow menampilkan trio di lokasi mereka sebelumnya, sementara game berikutnya yang menampilkan Kanto memindahkan Moltres ke area yang berbeda: di FireRed dan LeafGreen, Pokémon Api berada di Gunung Ember dan di Gunung Perak di HeartGold dan SoulSIlver. Pokémon Platinum menampilkan Legendary Birdssebagai Sinnoh yang berkeliaran setelah karakter pemain mengalahkan Liga Pokémon. Dalam Pokémon XD: Gale of Darkness, tiga Legendary Birds muncul sebagai Shadow Pokémon dan awalnya digunakan oleh Grand Master Greevil. Di Pokémon X dan Y, salah satu burung dapat ditemukan berkeliaran di Kalos setelah mengalahkan Liga Pokémon, dengan Pokémon tergantung pada starter karakter pemain. Jika karakter pemain memilih Chespin, mereka akan bertemu Articuno; jika mereka memiliki Fennekin, mereka akan melihat Zapdos; dan jika mereka memilih Froakie, mereka mungkin akan menangkap Moltres. Namun, burung itu harus ditemui 11 kali sebelum mereka mundur ke Sea Spirit Den dan tersedia untuk ditangkap. Di Pokemon: Lets Go, Pikachu! and Let"s Go, Eevee!, ketiganya ditampilkan di lokasi sebelumnya dari Merah, Biru, dan Kuning, tetapi juga dapat ditemukan berkeliaran di langit setelah pemain mengalahkan Liga Pokémon.